ROLE PLAYING SEBAGAI METODE MAPEL P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V SDIT UMAR BIN KHATHAB PATI

Qudrotunnada, Alissa (2024) ROLE PLAYING SEBAGAI METODE MAPEL P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V SDIT UMAR BIN KHATHAB PATI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Al-Anwar Sarang.

[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Qudrotunnada, Alissa. 2024. Role Playing Sebagai Metode Mapel P5 Tema Kewirausahaan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SDIT Umar Bin Khathab Pati. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamalul Huda, M.Pd. Metode role playing adalah metode bermain peran dapat meingkatkan imajinasi siswa, serta melatih kekompakan siswa dalam kerja sama tim. Role playing dalam penelitian ini untuk mengetahui kekompakan untuk mencapai nilai pancasila dari P5 yaitu gotong royong. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode role playing dalam membentuk karakter gotong royong siswa kelas V di SDIT Umar Bin Khathab. Subjek dalam penelitian ini yaitu dari guru kelas dan siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing efektif digunakan dalam pembelajaran P5 tema kewirausahaan, seperti pelaksanaan dari persiapan, tindakan dramatik, dan evaluasi bermain peran. Akan tetapi masih ada yang diperhatikan dalam kekurangannya seperti siswa kurang percaya diri, kelas yang kurang kondusif, kendala tersebut diperhatikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran selanjutnya. Metode role playing pada pembelajaran P5 tema kewirausahaan dalam membentuk karakter gotong royong siswa kelas V sangat efektif karena siswa melakukan gotong royong dalam pembuatan jamu untuk dijual ketika gelar karya, hal ini dapat dilihat dari kekompokakan ketika proses dalam pembuatan olahan jamu.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: alissa Qudrotun Nada
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:00
Last Modified: 03 Sep 2024 03:00
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item