Santi, Nor (2024) KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI “BAGAIMANA KITA HIDUP DAN BERTUMBUH” DI SDIT ALI BIN ABI THALIB KALINYAMATAN JEPARA. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (174kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Santi, Nor. 2024. Kemampuan Argumentasi dan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPAS Materi “Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh” di SDIT Ali Bin Abi Thalib Kalinyamatan Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M. Pd. Penelitian ini didasarkan pada penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional di SDIT Ali Bin Abi Thalib yang berdampak pada keaktifan siswa. Setiap siswa memiliki kemampuan yang harus dikembangkan terutama kemampuan argumentasi dan bernalar kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkatan level kemampuan argumentasi dan bernalar kritis siswa kelas V dalam mata pelajaran IPAS materi ”Bagaimana Aku Hidup dan Bertumbuh”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan argumentasi siswa kelas V berada di level 2 yang dikategorikan “Sedang” dengan hasil tes kemampuan argumentasi adalah 63,9. Sedangkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas V pada pelajaran IPAS materi “Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh” dikategorikan “Rendah” dengan hasil rata-rata tes 59,5. Siswa hanya dapat memenuhi tiga indikator dari bernalar kritis, yaitu: 1) mengajukan pertanyaan, 2) mengidentifikasi dan mengolah informasi gagasan, 3) mengomunikasikan. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan guru lebih memperhatikan penggunaan metode pembelajaran, sebab pembelajaran yang aktif dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa. Kata kunci: Kemampuan Argumentasi, Kemampuan Bernalar Kritis, Pelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nor Santi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 07:53 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 07:53 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
View Item |