Rahayu, Devi (2024) Analisis Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDIT Avicenna Lasem. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (669kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (500kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (643kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rahayu, Sri Devi. 2024. Analisis Implementasi Penilaian Autentik pada pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD IT Avicenna Lasem. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Seklah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Burhanudin Mustofa, M.Pd. Penilaian autentik merupakan penilaian yang erat kaitanya dengan keterlibatan siswa terhadap pelaksanaanya. Namun tidak semua sekolah menerapkan penilaian ini khususnya pada kurikulum merdeka. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan penilaian autentik pada kurikulum merdeka adalah SD IT Avicenna namun masih terdapat kendala dalam penerapannya khususnya pada mata pelajaran IPAS dikelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan penilaian autentik pada pembelajaran IPAS dikelas IV serta hambatan yang dialami dalam pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran IPAS dikelas IV SDIT Avicenna Lasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama adalah guru IPAS dan siswa kelas IV. Subjek pendukung adalah kepala sekolah dan siswa, serta objeknya adalah penilaian autentik pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD IT Avicenna Lasem. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangilasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran IPAS dikelas IV dilaksanakan menggunakan tiga kompetensi, yaitu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pelaksanaan penilaian sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri dan penilaian teman sebaya. Sedangkan kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan proyek, produk dan portofolio. Kedua hambatan guru dalam pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran IPAS dikelas IV yaitu kurangnya sosialisasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan penilaian ini dan jumlah murid kelas IV yang banyak. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Sri Devi Rahayu |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:50 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1125 |
Actions (login required)
View Item |