Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Pada pembelajaran IPAS Dalam Membangun Critical Thinking Siswa Kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang

Putri, Junia Elisa (2024) Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Pada pembelajaran IPAS Dalam Membangun Critical Thinking Siswa Kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)

Abstract

Putri, Junia Elisa. 2024. Analisis Keterampilan Technological Pedagogial Content Knowledge (TPACK) Guru Pada Pembelajaran IPAS Dalam Membangun Critical Thinking Siswa DI SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Intan Aulia Rakhmawati, M. Pd. Penelitian ini didasarkan dunia pendidikan di abad 21 dimana memerlukan keterampilan critical thinking agar dapat mengatasi masalah seiring berkembangnya zaman. Oleh sebab itu, guru memerlukan sebuah keterampilan mengajar agar siswa dapat membangun keterampilan tersebut, yaitu keterampilan TPACK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah keterampilan TPACK guru pada pembelajaran IPAS dapat membangun critical thinking siswa kelas IV. Pelaksanaan penelitian ini di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu guru memahami konsep dari TPACK dan menerapkannya dalam pembelajaran IPAS. Penilitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan keterampilan TPACK dapat membangun critical thinking siswa. Hal tersebut terbukti pada hasil uji paired t-test yaitu sig = 0, dimana signifikan sebesar sig = 0,5. Maka dari itu, H0 ditolak dan menerima Ha. Kata Kunci: TPACK, Critical Thinking, IPAS

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Junia Elisa Putri
Date Deposited: 12 May 2024 08:07
Last Modified: 12 May 2024 08:07
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item