Putri, Junia Elisa (2024) Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Pada pembelajaran IPAS Dalam Membangun Critical Thinking Siswa Kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (316kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
Abstract
Putri, Junia Elisa. 2024. Analisis Keterampilan Technological Pedagogial Content Knowledge (TPACK) Guru Pada Pembelajaran IPAS Dalam Membangun Critical Thinking Siswa DI SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Intan Aulia Rakhmawati, M. Pd. Penelitian ini didasarkan dunia pendidikan di abad 21 dimana memerlukan keterampilan critical thinking agar dapat mengatasi masalah seiring berkembangnya zaman. Oleh sebab itu, guru memerlukan sebuah keterampilan mengajar agar siswa dapat membangun keterampilan tersebut, yaitu keterampilan TPACK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah keterampilan TPACK guru pada pembelajaran IPAS dapat membangun critical thinking siswa kelas IV. Pelaksanaan penelitian ini di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu guru memahami konsep dari TPACK dan menerapkannya dalam pembelajaran IPAS. Penilitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan keterampilan TPACK dapat membangun critical thinking siswa. Hal tersebut terbukti pada hasil uji paired t-test yaitu sig = 0, dimana signifikan sebesar sig = 0,5. Maka dari itu, H0 ditolak dan menerima Ha. Kata Kunci: TPACK, Critical Thinking, IPAS
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Junia Elisa Putri |
Date Deposited: | 12 May 2024 08:07 |
Last Modified: | 12 May 2024 08:07 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/990 |
Actions (login required)
View Item |