PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI PENUNJANG SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 KOTA TUBAN

Ilmi, Ulul (2024) PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI PENUNJANG SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 KOTA TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)

Abstract

Ilmi, Ulul. 2023. Program Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Penunjang Dalam Membentuk Karakter Gemar Membaca Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 1 Tuban, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Muhammad Jamalul Huda, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam membentuk karakter gemar membaca siswa dalam implementasi kurikulum merdeka di MIN 1 kota Tuban. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan data dari lapangan berdasarkan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan implementasi GLS di MIN 1 Tuban dilaksanakan melalui program GLS. Adapun tahap pelaksanaannya adalah tahap pembiasaan yang berupa kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, adanya perpustakaan, kunjungan perpustakaan. Adapun tahap pengembangan yaitu sudut baca, pojok literasi, komitmen dan dukungan pihak sekolah, poster dan kampanye membaca. Adapun tahap pembelajaran yaitu kegiatan 15 menit membaca dengan tagihan akademik dan non-akademik, bahan ajar bermuatan literasi, kelas TIK, dan lain- lain. Melalui program GLS diharapkan dapat membentuk karakter gemar membaca siswa di MIN 1 Tuban. Indikator karakter gemar membaca siswa yang terlihat adalah siswa mempunyai semangat membaca, siswa saling bertukar bahan bacaan, dan siswa gemar membaca di kelas ataupun di luar kelas. Program GLS dalam implementasi kurikulum merdeka di MIN 1 Tuban yaitu dengan mengembangkan kemampuan literasi siswa dalam hal membaca dan menulis melalui asesmen yang meliputi tes sumatif siswa dan asesmen kompetensi madrasah, bahan ajar dan pembelajaran melalui lembar kerja peserta didik dan strategi pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kemampuan membaca dan menulis siswa. Kata kunci : Program GLS, Karakter Gemar Membaca, Implementasi Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Sarah Ainun Nisak
Date Deposited: 02 May 2024 02:10
Last Modified: 02 May 2024 02:10
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item