Halil, Abdul (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI NEGERI 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (361kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Halil, Abdul. 2023. Peran Kepal Sekolah Sebagai Supervisor dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru MI Negeri 1 Tuban. Skripsi Program Studi Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Zainal Arifin S.S., M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada keunggulan di MI Negeri 1 Tuban yaitu kinerja tenaga pendidik yang baik seperti nilai disiplin yang baik, solidaritas antar-guru dan tenaga kepegawaian yang baik, dan contoh bagaimana caranya bersikap yang selalu diberikan oleh kepala sekolah mulai dari memberikan contoh bagaimana cara bersikap, mengajar, memberikan motivasi dan bagaimana cara saling menasihati. Semua peran kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah MI Negeri 1 Tuban peneliti temukan sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengembangan kompetensi profesional guru di MI Negeri 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari kepala madrasah, guru MI Negeri 1 Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan menggabungkan beberapa teknik pengumpulan data di antaranya observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda, yaitu kepala madrasah dan guru. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengembangan kompetensi profesional guru di MI Negeri 1 Tuban dilaksanakan dengan tiga tahapan supervisi, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Pada tahap pelaksanaan, kepala sekolah membuat program supervisi beserta jadwal pelaksanaannya kemudian disosialisasikan kepada guru. Pada tahapan pelaksanaan supervisi, kepala sekolah menggunakan beberapa teknik seperti pengecekan kelengkapan perangkat pembelajaran, observasi kelas dan kunjungan kelas. Kemudian pada tahap tindak lanjut, kepala sekolah melakukan kegiatan pembinaan melalui kegiatan forum KKG (kelompok kerja guru), MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) dan workshop. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan program supervisi dalam pengembangan kompetensi profesional guru di antaranya adanya kerja sama yang baik, kesadaran dan motivasi yang baik dari setiap guru untuk saling memberikan dukungan untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran. Kemudian untuk hambatan dari pelaksanaan supervisi ini adalah kurangnya ruang pembelajaran untuk siswa karena jumlah siswa yang terus bertambah dari setiap tahunnya dan upaya solutif yang dilakukan oleh kepala sekolah ialah membangun ruang pembelajaran baru sebagai ruang pembelajaran untuk siswa. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Supervisi, Kompetensi Profesional Guru.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Abdul Halil Abdul Halil |
Date Deposited: | 24 Mar 2024 16:42 |
Last Modified: | 24 Mar 2024 16:42 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/963 |
Actions (login required)
View Item |