STRATEGI DAN METODE GURU PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV B DI SD IT AVICENNA LASEM

Fitriana, Nurunnisai (2024) STRATEGI DAN METODE GURU PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV B DI SD IT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fitriana, Nurunnisai. 2023. Strategi dan Metode Guru pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV B di SD IT Avicenna Lasem. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada perubahan kurikulum di sekolah dasar betapa pentingnya strategi dan metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah siswa dalam menerima pembelajaran. Strategi dan metode yang diterapkan oleh guru disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik yang ada di sekolah. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari sebuah pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan metode guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di kelas IV B SD IT Avicenna Lasem. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan menggabungkan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda, yaitu kepala sekolah dan guru. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa terdapat beberapa strategi dan metode yang digunakan guru kelas IV B SD IT Avicenna Lasem dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada pembelajaran pendidikan pancasila antara lain, (1) Strategi guru peda pembelajaran pendidikan pancasila dalam mewujudkan profil pelajar pancasila yaitu dengan menggunakan strategi ekspositori dan strategi inkuiri. (2) Metode guru peda pembelajaran pendidikan pancasila dalam mewujudkan profil pelajar pancasila yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Kata Kunci: Strategi Guru, Metode Guru, Pendidikan Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nurunnisai Fitriana
Date Deposited: 11 Mar 2024 05:14
Last Modified: 11 Mar 2024 05:14
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item