KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT AVICENNA LASEM

Afifah, Siti Nur (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran, baik kemampuan dalam mengelola kelas maupun kemampuan dalam memahami dan menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SDIT Avicenna Lasem. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru PAI kelas IV dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berkaitan dengan kompetensi profesional guru pada pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai kompetensi profesional guru pada pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dengan mengacu pada 6 indikator menunjukkan bahwa indikator 2 , 4 dan 6 masing-masing sub indikatornya terlaksana dengan baik, sedangkan pada indikator 1, 3, dan 5 terdapat beberapa sub indikator yang belum terlaksana di antaranya: sub indikator 1.4 guru belum menguasai berbagai model dan metode pembelajaran, sub indikator 3.3 guru belum Mengembangkan materi pembelajaran PAI menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan pemahaman keagamaan peserta didik SD, sub indikator 4.1 guru belum melaksanakan refleksi terhadap kinerjanya sendiri, sub indikator 4.2 guru belum memanfaatkan hasil refleksi untuk meningkatkan profesionalitas, dan pada sub indikator 4.3 guru belum melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kompetensi profesional. Pada kesimpulan di atas Guru PAI SDIT Avicenna Lasem diharapkan mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki terutama pada kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Siti Nur Afifah
Date Deposited: 19 Nov 2023 07:58
Last Modified: 19 Nov 2023 07:58
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item