KERJA SAMA KEPALA MADRASAH DAN GURU DALAM MELAKSANAKAN BUDAYA MADRASAH PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH BANIN SENORI

Janah, Miftakhul (2023) KERJA SAMA KEPALA MADRASAH DAN GURU DALAM MELAKSANAKAN BUDAYA MADRASAH PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH BANIN SENORI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (704kB)

Abstract

Banyak sekolah/madrasah yang lebih cenderung dalam pencapaian bidang intelektual saja dan mengesampingkan pembentukan karakter. Dalam mengatasi persoalan ini, lembaga pendidikan (sekolah/madrasah) harus memiliki upaya dalam menerapkan character building (pembentukan karakter) melalui school culture (budaya sekolah). Keberhasilan pendidikan dalam mengembangkan budaya sekolah agar dapat membangun masyarakat yang berkarakter dipengaruhi oleh banyaknya peran yang ikut andil dalam menjalankan proses-proses dalam pendidikan. Pembiasaan bukan sekedar menitipkan pada peserta didik, namun perlu peran dari semua warga sekolah/madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk kerjasama kepala madrasah dengan guru dalam melaksanakan budaya madrasah di MI Islamiyah Senori; 2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya madrasah yang dapat membentuk karakter religius dan disiplin siswa kelas IV MI Islamiyah Senori. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru wali kelas IV, dan siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah kerja sama yang dijalin oleh kepala madrasah dan guru dalam pelaksanaan budaya madrasah yang dapat membentuk karakter religius dan disiplin siswa kelas IV MI Islamiyah Banin Senori. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kerja sama antara kepala madrasah dan guru adalah bersedia menerima tugas yang telah diberikan, saling membantu, saling mengingatkan, menghargai pendapat orang lain, menghargai pekerjaan orang lain. Budaya madrasah yang dapat membentuk karakter religius siswa adalah pembacaan asmaulhusna dan surat pendek, salat duha, istigasah, PHBI, penyambutan siswa, ekstrakurikuler berbasis karakter religius. Budaya madrasah yang dapat membentuk karakter disiplin siswa adalah upacara bendera, ketepatan berangkat ke madrasah, kedisiplinan berseragam, kedisiplinan berbahasa yang sopan, PHBN, dan budaya 5K (Kebersihan, Kedisiplinan, Kesehatan, Keindahan, Kesopanan)

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kerja sama, budaya madrasah, karakter religius, karakter disiplin
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item