ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV MIN 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Nuraini, Nani (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV MIN 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
BAB AWAL.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nani Nuraini, 2020. Analisis Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembentukan Karater Mandiri dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV MIN 2 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam AlAnwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembentukan karakter mandiri dan rasa ingin tahu siswa kelas IV MIN 2 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV MIN 2 Rembang yang berjumlah 30 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 2 Rembang secara klasikal tergolong ke dalam kategori sedang. Hal ini terlihat dari nilai persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 74,33 (74%) dan persentase kemampuan berpikir kritis pada tiap indikator yang lebih dominan adalah kategori sedang. Indikator 1, memberikan penjelasan sederhana dengan rata-rata 24,17 (81%) masuk pada kategori tinggi. Indikator 2, menentukan dasar pengambilan keputusan dengan rata-rata 35,97 (72%) masuk pada kategori sedang. Indikator 3, menarik kesimpulan dengan rata-rata 14,17 (71%) masuk pada kategori sedang. Karakter mandiri siswa kelas IV secara klasikal yaitu masuk pada kategori baik dari hasil presentase rata-rata sebesar 43,1 (63%) dan hasil dari tiap indikator mandiri yang menunjukkan lebih dominan pada kategori baik. Indikator pertama, percaya diri (66%) dengan kategori baik. Indikator kedua, mampu bekerja sendiri (66%) dengan kategori baik. Indikator ketiga, menghargai waktu (50%) dengan kategori cukup. Indikator keempat, bertanggung jawab (69%) dengan kategori baik. Indikator kelima, memiliki hasrat untuk bersaing (61%) dengan kategori baik. Indikator keenam, mampu mengambil keputusan (64%) dengan kategori baik. Karakter rasa ingin tahu siswa kelas IV secara klasikal yaitu masuk pada kategori baik dari hasil presentase rata-rata sebesar 43,7 (73%) dan hasil dari tiap indikator rasa ingin tahu yang menunjukkan lebih dominan pada kategori baik. Indikator pertama, bertanya kepada guru dan teman (76%) dengan kategori baik. Indikator kedua, antusias mencari jawaban (70%) dengan kategori baik. Indikator ketiga, vi perhatian pada objek yang diamati (72%) dengan kategori baik. Indikator keempat, antusias mencari jawaban (74%) dengan kategori baik. Indikator kelima, menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis (73%) dengan kategori baik. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter Mandiri, Karakter Rasa Ingin Tahu

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter Mandiri, Karakter Rasa Ingin Tahu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:42
Last Modified: 12 Aug 2023 03:42
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item