PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM INSAN KAMIL TUBAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Suroyya, Camila Fatah (2020) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM INSAN KAMIL TUBAN TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf - Submitted Version

Download (839kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (645kB)
[img] Text
8_CURRIRULUM VITAE.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Camila Fatah Suroyya. 2020. Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di SD Islam Insan Kamil Tuban Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkam fenomena beberapa data yang mengungkapkan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang kurang maksimal selama pembelajaran dengan faktor strategi belajar yang digunakan kurang efektif. Hal tersebut mengakibatkan, siswa bosan belajar. Maka, dibutuhkannya inovasi pembelajaran yang menarik konsentrasi belajar siswa yaitu pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penggunaan model pembelajaran ini dapat membantu siswa berpikir secara langsung, kritis, berkelompok, berdiskusi, dan bekerjasama menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan bagaimana pengaruh pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa kelas IV pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil Tuban tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) tidak mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran tematik dengan perolehan taraf signifikansi (0,543 > 0,05). Hasil rata�rata kelas eksperimen 78,64, sedangkan kelas kontrol 82,12. Hasil observasi kemampuan berpikir kritis menunjukan pada kelas eksperimen yaitu 71,6% termasuk dalam kriteria cukup kemudian pada kelas kontrol yaitu 74,1% termasuk dalam kategori cukup. Saran yang dapat diberikan pada penelitian bagi sekolah, guru dapat menerapkan dan mengembangkan lebih lanjut inovasi pembelajaran yang menarik antusias belajar siswa sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk siswa. Kata-kata kunci: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik, Karakteristik Siswa Kelas IV SD/MI

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik, Karakteristik Siswa Kelas IV SD/MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:30
Last Modified: 10 Aug 2023 18:28
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item