PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAK KARIMAH (BKUA) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V MI NEGERI 1 TUBAN

Ahmad, Widi Ikhtiari (2024) PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAK KARIMAH (BKUA) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V MI NEGERI 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTTAKA.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan BKUA merupakan salah satu upaya sadar dan terencana yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didiknya agar dapat mengenal, menghayati, memahami Tuhan Yang Maha Esa serta dapat merealisasikan perilaku yang akhlak karimah di kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, pada saat ini masih banyak karakter religius pada dimensi beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Esa menyeleweng dari nilai-nilai karakter religius. Sehingga perlu adanya peran guru dalam menanamkan karakter religius dengan menerapkan program yaitu BKUA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam pelaksanaan BKUA terhadap pembentukan karakter siswa serta menganalisis hambatan yang dialami guru pada proses pembelajaran di MI Negeri 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini ialah guru, subjek pendukung ialah peserta didik. Objek dari penelitian ini ialah pelaksanaan BKUA terhadap pembentukan karakter siswa kelas V MI Negeri 1 Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengujian keabsahan data, menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Guru dalam proses pembelajaran BKUA berperan sebagai pengajar, pendidik, mediator, fasilitator, model, teladan, motivator, evaluator serta pembimbing peserta didik dalam membentuk karakter P3 dimensi pertama. Hal ini dilakukan secara berkala agar peserta didik mampu mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Kedua, Kendala yang dialami ialah kurangnya minat dan motivasi peserta didik serta rendahnya daya ingat peserta didik dalam pembelajaran BKUA.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Widi IkhtiariAhmad Ahmad
Date Deposited: 21 Sep 2024 05:16
Last Modified: 21 Sep 2024 05:16
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item