GAYA BELAJAR DAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

Sayekti, Santi (2024) GAYA BELAJAR DAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Cover & Bagian Awal.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Santi Sayekti, 2024, Gaya Belajar dan Multiple Intelligences Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Danang Setyo Pambudi, S. Pd., M. Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya belajar serta kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini juga mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdasarkan gaya belajar dan kecerdasan majemuknya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data dari guru kelas IV A dan guru kelas IV B serta tiga siswa kelas IV A dan kelas IV B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas IV memiliki tipe gaya belajar visual pada pembelajaran IPAS dengan materi Indonesiaku Kaya Budaya. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik gaya belajar visual menggunakan metode inquiry dan metode ceramah. Sedangkan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa kelas IV adalah kecerdasan linguistik dan kecerdasan interpersonal pada pembelajaran IPAS dengan materi yang sama. Pelaksanaan pembelajaran juga disesuaikan dengan karakteristik kecerdasan tersebut dengan mengutamakan tata bahasa serta mengembangkan jiwa sosial yang ada dalam diri setiap siswa. Gaya belajar dan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa kelas IV diketahui melalui karakteristik yang ditunjukkan oleh siswa ketika pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kecerdasan Majemuk, Pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Santi Sayekti Sayekti
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:21
Last Modified: 21 Aug 2024 02:21
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item