wijayanti, wijayanti (2024) KOMPETENSI GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA KELAS II DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
judul.pdf Download (840kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan profesional guru serta kendala pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membentuk karakter gemar membaca siswa kelas II di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari guru dan peserta didik kelas II A, B, dan C SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru kelas II pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam membentuk karakter gemar membaca yaitu: pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pada pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, dan kompetensi profesional guru meliputi: penguasaan materi mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, guru dapat mengembangkan materi secara kreatif, guru melakukan tindakan reflektif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kendala yang ada adalah kurangnya buku cerita bergambar di perpustakaan, terdapat peserta didik yang belum lancar membaca dan menulis, dan guru jarang memanfaatkan media seperti laptop dan LCD proyektor.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | wijayanti wijayanti |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:35 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:35 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
View Item |