STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MI AN NASHRIYAH

ilma khoirun nisa', ilma (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MI AN NASHRIYAH. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nisa’, Ilma Khoirun. 2024. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV MI An Nashriyah Lasem. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. STAI Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Strategi pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu pembelajaran yang fleksibel dan responsif terhadap gaya belajar, minat, dan kemampuan siswa, dengan menekankan tiga elemen utama konten, proses, dan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas IV MI An Nashriyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian, yaitu guru kelas IVA dan IVD, dan siswa kelas IVA dan IVD. Objek penelitian berkaitan dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan pancasila pada materi pola hidup gotong royong siswa kelas IV MI An Nashriyah. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Pola Hidup Gotong Royong, kelas IVA dan IVD yang berfokus pada 3 elemen utama sebagai strategi inti dalam pembelajaran, yaitu konten, proses dan produk. Di kelas IVA, pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik sesuai indikator konten, proses dan produk yang relevan dengan materi Pola Hidup Gotong Royong. Sementara di kelas IVD, guru belum sepenuhnya berhasil mengembangkan gaya belajar siswa melalui diferensiasi proses dan konten, sehingga belum efektif dalam memenuhi kebutuhan siswa terkait materi Gotong Royong. Kesimpulan tersebut dapat memberikan kontribusi pemahaman terhadap keragaman siswa dan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Siswa Kelas IV

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email ilmakn76@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:39
Last Modified: 09 Jul 2024 02:39
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item