mustofa, muhammad nurul (2024) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Abad 21 Di SD Islam Faaz Tuban. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (490kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (326kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terbaru menggantikan kurikulum 2013. Kurikulum merdeka diharapkan menjadi solusi atas ketatnya persaingan sumber daya manusia pada abad 21 sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Terdapat 4 macam keterampilan pada abad 21 yang harus dikuasai dalam dunia pendidikan salah satunya keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bepikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di SD Islam Faaz Tuban serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di SD Islam Faaz Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan wali kelas V SD Islam Faaz Tuban. Objek penelitian ini berkaitan dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPAS dalam kurikulum merdeka abad 21. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian di ukur dengan tiga kali penilaian tes pada tiga sub tema dalam proses pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka pada sub tema Bagaimana Bentuk Indonesiaku memperoleh nilai tes dengan rata-rata 72,70% menduduki kategori sedang, pada pembelajaran sub tema Indonesiaku Kaya Hayatinya mendapat nilai rata-rata 74,52% menduduki kategori sedang, pada pembelajaran sub tema Indonesia Kaya Akan Alamnya mendapat nilai rata-rata 70,88% dengan kategori sedang. Siswa kelas V menduduki kategori sedang dalam keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS di SD Islam Faaz Tuban. Faktor pendukung yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis adalah fasilitas yang lengkap dan memadai. Faktor penghambat yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa yaitu kurangnya skill guru dalam mengolah suasana belajar mengajar dikelas.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Muhammad Nurul Mustofa |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:55 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 04:55 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1052 |
Actions (login required)
View Item |