EFEKTIVITAS PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH TASIKAGUNG REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Sa'diyah, Lailatus (2019) EFEKTIVITAS PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH TASIKAGUNG REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, sekolah tinggi agama islam al anwar rembang.

[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (99kB)
[img] Text
bagian awal fix.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka dan value kurikulum.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Sa‟diyah, Lailatus. 2019. Efektivitas Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SD Islam An-Nawawiyyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pemberian penguatan (reinforcement) memiliki pengaruh positif dan signifikan pada meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design (eksperimen murni) dengan teknik penelitian control Group Pretest-Posttest, pada rancangan ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. untuk perlakuan treatment diberikan hanya pada kelas eksperimen saja, kelas kontrol hanya sebagai pembanding saja. Keduanya juga diberi perlukan pretest dan posttest. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pretest dan posttest, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa pemberian penguatan (reinforcement) mengalami peningkatan rata-rata sebesar 13.57. Pemberian penguatan (reinforcement) dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris kelas IV B (thitung -3827 dengan P value 0.000 < 0.05. Kata-kata kunci: Sa‟diyah, Lailatus. 2019. Efektivitas Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SD Islam An-Nawawiyyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pemberian penguatan (reinforcement) memiliki pengaruh positif dan signifikan pada meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design (eksperimen murni) dengan teknik penelitian control Group Pretest-Posttest, pada rancangan ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. untuk perlakuan treatment diberikan hanya pada kelas eksperimen saja, kelas kontrol hanya sebagai pembanding saja. Keduanya juga diberi perlukan pretest dan posttest. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pretest dan posttest, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa pemberian penguatan (reinforcement) mengalami peningkatan rata-rata sebesar 13.57. Pemberian penguatan (reinforcement) dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris kelas IV B (thitung -3827 dengan P value 0.000 < 0.05. Kata-kata kunci: hasil belajar, penguatan (reinforcement), mata pelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, penguatan (reinforcement), mata pelajaran bahasa Inggris.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2023 16:52
Last Modified: 10 Aug 2023 18:27
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item