PERSEPSI KEPALA MIN 1 TUBAN TERHADAP KINERJA GURU KELAS PADA IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Susilowati, Dwi (2024) PERSEPSI KEPALA MIN 1 TUBAN TERHADAP KINERJA GURU KELAS PADA IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. skripsi thesis, STAI Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Susilowati, Dwi. 2023. Persepsi Kepala MIN 1 Tuban Terhadap Kinerja Guru Kelas Pada Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Syamsul Hadi, M.Pd. Penelitian ini disajikan untuk mengetahui persepsi dari Kepala MIN 1 Tuban terhadap kinerja guru kelas, tepatnya guru kelas I B dan IV A. Penelitian ini diawali dengan adanya kurikulum merdeka yang telah hadir di MIN 1 Tuban. Meskipun terbilang masih belum merata, namun MIN 1 Tuban sudah mulai menerapkan pada Tahun Ajaran 2022. Oleh sebab itu peneliti kemudian ingin mengetahui persepsi dari kepala MIN 1 Tuban mengenai kinerja guru yang mengimplementasikan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, peneliti melaksanakan penelitian langsung ke lapangan. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui wawancara, observasi non-partisipan dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Adapun hasil penelitian ini membuktikan bahwa perspsi hadir dengan tiga tahapan persepsi, hal tersebut dibuktikan dari hasil wawancara dan dokumentasi peneliti, kepala sekolah mengamati kinerja guru kelas I B melalui hasil supervsi yang dilakukan tiga kali dalam waktu satu semester. Perolehan yang didapatkan dari hasil supervsi menunjukkan bahwa Ibu Ika (wali kelas I B) mendapatkan nilai skor jumlah 20 dari 32 nilai keseluruhan. Guru kelas IV A melalui hasil supervisinya mendapatkan julah nilai 28 dari 32 jumlah nilai keseluruhan. Kinerja yang dimiliki guru kelas I B dan IV A sangat bagus dalam menghadirkan kurikulum ke dalam pembelajaran. Hasil yang didapatkan sudah memenuhi hampir 80% keberhasilan. Kata Kunci: Persepsi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Dwi Susilowati
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:01
Last Modified: 16 Jan 2024 03:01
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item