KOLABORASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI SEMARANG

Masnuna, Itsna (2023) KOLABORASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masnuna, Itsna, Kolaborasi Guru dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Tunanetra di SLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M. Pd. Pendidikan Agama Islam (PAI) salah satu pembelajaran yang diajarkan yang dimulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, yang didalamnya mencakup muatan nilai-nilai agama islam, meliput Al-Qur‟an hadis, akidah akhlak, fikih, dan tarikh. Muatannya telah disebut sebagai materi yang menjadi tugas guru untuk mengembangkan, merencanakan, dan menyampaikan kepada siswa dengan menggunakan metode dan strategi yang tepat sehingga akan menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosan bagi siswa. Pendidikan agama islam upaya yang melibatkan pengajaran, bimbingan, dan asuhan terhadap siswa-siswa dengan tujuan agar mereka dapat memahami, menghayati dan mengamalkan agama islam, serta menjadikan sebagai paduan dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Aspek tersebut menunjukan bahwa pelajaran PAI harus disiapkan lebih serius kepada siswa, agar siswa bisa memahami dengan detail dari materi yang disampaikan. Penelitan ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kolaborasi guru kelas dan guru mapel dalam mengembangkan materi PAI di SLB Negeri Semarang (2) mengetahui kolaborasi guru dalam penyampaian pembelajaran PAI pada siswa tunanetra di SLB Negeri Semarang (3) mengetauhi kesiapan-kesiapan guru kelas dan guru mapel sebelum melakukan kolaborasi pembelajaran PAI (4) mengetahui hambatan dan peluang saat melakukan kolaborasi guru pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mapel, guru kelas, materi PAI serta siswi tunanetra kelas v SLB Negeri Semarang, sedangkan objek penelitian ini adalah kolaborasi guru pada pembelajaran PAI pada siswa kelas V SLB Negeri Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kolaborasi antar guru kelas dan guru mapel sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, karena dengan adanya kolaborasi dengan guru memudahkan guru dalam hal penyampaian materi PAI, pengelolahan kelas ditunanertra dan pembangunan pembelajaran yang aktif dan inovasif. Kolaborasi guru dalam pembelajaran PAI pada siswa tunanetra di SLB Negeri Semarang dilakukan dengan beberapa kolaborasi, terutama dalam pemahaman struktur kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Upaya yang dilakukan guru kelas dan guru mapel ialah dengan melakukan kolaborasi bersama serta melakukan evaluasi disetiap selesai pertemuan pembelajaran, mengikuti seminar-semiran dan pelatihan-pelatihan Al-Qur‟an braille. Hasil penelitian ini yang telah dilakukan menunjukan bahwa guru SLB Negeri Semarang dalam pelaksanaan pembelajaran sudah tepat, akan tetapi beberapa guru mengalami hambatan yaitu kurangnnya komunikasi, ketidak singkronan pemberian materi, adanya konflik antar siswa. Sedangkan peluang dari kolaborasi guru kelas dan guru mapel, guru semakin mengenal karakter siswa, menemukan metode dan strategi yang baru, mempermudah dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: kolaborasi guru, pembelajaran PAI, Tunanetra

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nuna Itsna Nuna
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:47
Last Modified: 23 Nov 2023 03:47
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item