Allaylyyah, Sidrotul Hikmah (2023) PELAKSANAAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI KESIAPAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DI SD ISLAM PAMOTAN. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (399kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (319kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Allaylyyah, Sidrotul Hikmah. 2023. Pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Kesiapan Kepala Sekolah dan Guru di SD Islam Pamotan. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasaha Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M. Pd. Penelitian ini dilakukan berdasarkan penerapan kurikulum merdeka pada jenjang kelas IV, sehingga membuat sekolah SDI Pamotan untuk menerapkan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) meskipun masih dalam tahap mandiri dan belum mendapatkan SK dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan kepala sekolah dan guru kelas 4 terhadap pelaksanan P5 di SDI Pamotan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah dan guru kelas IV SDI Pamotan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya kesiapan kepala sekolah dan guru kelas terhadap pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SDI Pamotan, meliputi enam tahap untuk kepala sekolah yaitu: 1) merancang alokasi waktu dan dimensi profil pelajar pancasila, 2) Membentuk tim fasilitator, 3) Identifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, 4) pemilihan tema umum, 5) Menentukan topik Spesifik, 6) Penyusunan modul. Selain itu, lima tahap guru kelas meliputi: 1) Mampu menguasai tema umum dan topik spesifik, 2) Mampu menyusun modul projek, 3) Mampu melaksanakan projek, 4) Mampu menyusun pelaporan dan dokumentasi, 5) Mampu melakukan refleksi dan evaluasi. Kata Kunci: P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Kurikulum Merdeka, Kesiapam Kepala Sekolah, Kesiapan Guru Kelas.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Klasik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Sidrotul Hikmah Allaylyyah |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:37 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/821 |
Actions (login required)
View Item |