Aslamiyah, Tsuwaibatul (2023) Peram Guru Kelas dan Orang Tua pada Perkembangan Kognitif Siswa dalam Proses Pembelajaran di MIS Jenggot 03 Pekalongan. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (499kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan tidak hanya diberikan kepada anak-anak saja, namun juga dari usia remaja, dewasa sampai lansia sangat membutuhkannya. Guru merupakan salah satu unsur dalam pendidikan. Guru tidak hanya sebagai penyaji informasi, namun juga sebagai fasilitator, motivator dan pembimbing yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mencari serta mengolah informasi. Selain guru, orang tua juga berperan penting dalam membantu perkembangan kognitif anak dalam proses pembelajaran. Proses perkembangan kognitif peserta didik perlu adanya sebuah peran dari Guru dan orang tua. Proses perkembangan kognitif mengacu kepada perubahan-perubahan dalam kemampuan berpikir sebagai hasil dari pengalaman atau peristiwa yang spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas pada perkembangan kognitif peserta didik kelas V MIS Jenggot 03 pekalongan dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui peran orang tua pada perkembangan kognitif peserta didik kelas V MIS Jenggot 03 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari Guru kelas, Orang Tua siswa, dan Siswa kelas V MIS Jenggot 03 Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru kelas dan orang tua peserta didik di MIS Jenggot 03 Pekalongan sangat berperan penting dalam perkembangan kognitif dalam proses pembelajaran. Peran antara guru dan orang tua perlu adanya keseimbangan karena guru tidak selalu bersama dengan siswa, guru hanya membimbing peserta didik di sekolah sedangkan di luar sekolah seperti dirumah, beralih pada orang tua.peran guru di sekolah pada perkembangan kognitif anak di kelas V diantaranya, mengajari anak berpikir secara abstrak, memberi perhatian pada peserta didik, mengapresiasi peserta didik, dan pengelolaan kelas. Sedangkan peran orang tua di antaranya sebagai motivator, fasilitator dan observer. Kata Kunci: Peran Guru, Peran Orang Tua, Perkembangan Kognitif, Proses Pembelajaran
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | tsuwaibatul aslamiyah |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 05:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 05:51 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/746 |
Actions (login required)
View Item |