Fadhilah,, Devi Reisma Nur (2023) PEMAHAMAN GURU SD ISLAM FAAZ DAN SDIT AL-USWAH TUBAN PADA PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (123kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fadhilah, Devi Reisma Nur. 2023. Pemahaman Guru SD Islam Faaz dan SDIT Al-Uswah Tuban Pada Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al�Anwar Sarang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yaitu penerapan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut tidak mudah bagi guru untuk mengalihkan pembelajaran yang awalnya menerapkan kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Pemerintah memberikan fasilitas berupa aplikasi Platform Merdeka Mengajar untuk membantu guru dalam memahami kurikulum merdeka. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang lebih mendalam bagi guru agar dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik dan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru SD Islam Faaz dan SDIT Al-Uswah Tuban pada Platform Merdeka Mengajar dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yaitu penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru SD Islam Faaz belum maksimal dalam memahami Platform Merdeka Mengajar. Hal ini dibuktikan bahwa guru mampu menjelaskan ruang lingkup platform, namun belum memanfaatkan semua fitur-fitur secara maksimal. Akan tetapi sudah mampu mengimplementasikan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. 2) Guru SDIT Al�Uswah Tuban belum maksimal dalam memahami Platform Merdeka Mengajar. Hal ini dibuktikan bahwa guru mampu menjelaskan platform, namun untuk pemanfaatan fitur masih belum maksimal, dan dilakukan secara bertahap. Akan tetapi, sudah menerapkan pembelajaran sesuai konsep kurikulum merdeka. Kata Kunci: Pemahaman Guru, Platform Merdeka Mengajar, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Devi Reisma Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 04:47 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 04:47 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/730 |
Actions (login required)
View Item |