Nisak, Sarah Ainun (2023) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI SD IT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (614kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Nisak, Sarah Ainun. 2023. Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Mandiri di SD IT Avicenna Lasem. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Dr. Bisri Musthofa, M. Pd. I. Karakter mandiri merupakan sikap untuk memenuhi kebutuhan tanpa menggantungkan diri kepada orang lain. Namun, karakter mandiri pada siswa Sekolah Dasar pada umumnya masih belum terlihat. Hal ini diperlukan adanya peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua serta hambatan yang dialami dalam pembentukan karakter mandiri siswa di SD IT Avicenna Lasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama adalah guru kelas dan orang tua. Subjek pendukung adalah kepala sekolah dan siswa, serta objeknya adalah karakter mandiri siswa di SD IT Avicenna Lasem. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran guru dalam membentuk karakter mandiri dengan menjalankan peranan sebagai pengajar, pendidik, teladan, sumber belajar, fasilitator, motivator, pembimbing serta evaluator. Kedua, peran orang tua dalam membentuk karakter mandiri anak dengan menjalankan peranannya sebagai pendidik, fasilitator, pengawas, pendamping, motivator serta teladan. Ketiga, Hambatan yang dialami guru berupa heterogenitas siswa dalam berbagai aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun Hambatan yang dialami orang tua berupa dampak negatif smartphone, pengaruh teman sebaya dan perubahan emosional. Kata Kunci: Peran Guru, Peran Orang tua, Karakter Mandiri
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Sarah Ainun Nisak |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 04:29 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/722 |
Actions (login required)
View Item |