Respon Guru dan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MIN 3 Lamongan

Izzah, Amirotul (2023) Respon Guru dan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MIN 3 Lamongan. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (785kB)
[img] Text
2 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
3 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
4 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
5 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
6 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
8 Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan suatu sistem penilaian yang dilakukan secara nasional menggunakan komputer sebagai media pelaksanaannya. ANBK digunakan untuk mengukur kompetensi dan capaian peserta didik dalam berbagai bidang pembelajaran. Respon guru dan kepala sekolah terhadap pelaksanaan ANBK adalah untuk mengeksplorasi sikap dan persiapan guru serta kepala sekolah dalam menghadapi pelaksanaan ANBK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru dan kepala sekolah terhadap pelaksanaan ANBK di MIN 3 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu guru kelas V, waka kurikulum dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon guru terhadap pelaksanaan ANBK tahun ajaran 2022 memberikan respon yang positif .Hal ini tercermin dalam upaya 1) Melatih mental peserta didik 2) Memberikan materi yang relevan 3) Menyediakan latihan-latihan soal yang berkaitan dengan ANBK. Sementara itu, respon kepala sekolah terhadap pelaksanaan ANBK tahun ajaran 2022 juga memberikan respon yang positif. Hal ini tercermin dalam upaya 1) Persiapan sarana dan prasarana 2) Memberikan pembekalan kepada guru melalui pelatihan yang diselenggarakan. Adapun respon negatif kepala sekolah tercermin pada jaringan internet yang kurang memadai. Kata Kunci: Respon Guru, Respon Kepala Sekolah, Pelaksanaan ANBK

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Hadis Tarbawi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Multikultural
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Amirotul Izzah
Date Deposited: 12 Nov 2023 04:41
Last Modified: 12 Nov 2023 04:41
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item