Nafi’ah, Ulfatun (2020) ANALISIS METODE KOMUNIKASI EFEKTIF PADA GURU MERDEKA BELAJAR DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA KELAS I, II, DAN III SD ISLAM UMAR HARUN TAHUN AJAR 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarakan fenomena yang ada di SD Islam Umar Harun Sarang, Rembang. Dalam proses pembelajaran yang berjalan disana menggunkana Metode Komunikasi Efektif yang ada pada Konsep Guru Merdeka Belajar, setiap kegiatan dan strategi pembelajaran juga menggunakan Konsep Guru Merdeka Belajar khususnya Metode Komunikasi Efektif yang dapat membantu keterampilan berbahasa siswa khususnya dalam ragam lisan ( menyimak dan berbicara ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode Komunikasi Efektif yang ada pada Konsep Guru Merdeka Belajar dapat membantu keterampilan berbahasa siswa sekaligus mengetahui bagaimana proses berjalannya penggunaan metode ini. Jenis penelitian yang digunkaan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa SD Islam Umar Harun kelas satu yang berjumlah 18 siswa ( 5 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki), kelas dua yang berjumlah 20 ( 8 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki) kelas tiga yang berjumlah v 16 siswa ( 6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan observasi, wawancara terstuktur dan semi tersetruktur, serta dokumentasi. Pengujian keabsaan dalam penelitian ini mengguankan creadibility dengan bekerja sama dengan pihak-pihak sekolah untuk membantu menguji keabsahan data, mulai dari wawancara, mengecek data yang ada dan mendapatkan beberapa sumber terkait penelitian yang sedang di lakukan oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Analisis Metode Komunikasi Efektif Pada Konsep Guru Merdeka Belajar dalam Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas I, II, dan III SD Islam Umar Harun dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada keterampilan berbahasa siswa di SD Islam Umar Harun. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan guru dan semua warga sekolah bisa mempertahankan dan mengembangkan sekaligus memperkenalkan Metode Komunikasi Efektif Pada Konsep Guru Medeka Belajar sebagai alternative atau cara yang dapat digunakan untuk membantu keterampilan berbahasa siswa dan aspek lainnya.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Komunikasi Efektif, Konsep Guru Merdeka Belajar, Keterampilan Berbahsa Siswa |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:53 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:53 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |