METODE-METODE PEMBELAJARAN DALAM KITAB MANAHIJ AL-TARBIYAH: ASASUHA WA TATBIQATUHA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Muflichah, Muflichah (2021) METODE-METODE PEMBELAJARAN DALAM KITAB MANAHIJ AL-TARBIYAH: ASASUHA WA TATBIQATUHA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dalam kitab Mana>hij al-Tarbiyah: Asasuha> wa Tat}bi>qa>tuha> dan relevansinya pada pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif analisis kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka atau Library Reseach. Sumber data yang diambil dari sumber primer adalah kitab Mana>hij al-Tarbiyah: Asasuha> wa Tat}bi>qa>tuha> karya Doktor Ali Ahmad Madkur dan dokumen pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Adapun sumber sekunder diambil dari literatur yang berkaitan dengan tema yang peneliti ambil. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada relevansi antara metode pembelajaran dalam kitab Mana>hij al-Tarbiyah: Asasuha> wa Tat}bi>qa>tuha> dan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Terdapat beberapa metode pembelajaran beserta kelebihan dan kekurangannya dalam kitab Mana>hij al-Tarbiyah: Asasuha> wa Tat}bi>qa>tuha> yaitu metode contoh, metode ceramah, metode diskusi, metode pemecahan masalah, metode demonstrasi dan metode eksperimen. Beberapa metode tersebut dapat mempermudah guru dalam upaya perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) di era revolusi industri 4.0. Selain itu, dijelaskan pula bahwa diperlukan keragaman media dalam proses pembelajaran baik media visual, media audio, maupun media audivisual. Hal tersebut berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran pada era revolusi industri 4.0. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, digunakan sebagai alat bantu dalam membentuk generasi yang kreatif, inovatif dan kompetitif di era revolusi industri 4.0. Selain itu juga dapat mempermudah guru dalam berinovasi sehingga dapat melahirkan berbagai metode, media dan pengelolaan kelas yang fleksibel.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kitab Mana>hij al-Tarbiyah: Asasuha> wa Tat}bi>qa>tuha>, Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:53
Last Modified: 26 Sep 2023 05:53
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item