Ma’sumi, , Salma ‘Ainun (2022) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN RISET SISWA KELAS 3 SD ISLAM UMAR HARUN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (612kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) |
Abstract
Beberapa sekolah belum optimal menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran riset merupakan pembelajaran berpusat pada siswa yang jika dielaborasikan dengan model CTL, akan menciptakan pengalaman belajar bermakna. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model CTL pada kegiatan riset yang menjadi upaya pengembangan potensi siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data bersumber dari implementasi model CTL pada kegiatan riset siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun dengan informan kepala sekolah, tim kurikulum, fasilitator dan siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Data dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Data diuji dengan teknik wawancara dan observasi mendalam, perpanjangan kehadiran peneliti, uji keabsahan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi model CTL pada kegiatan riset siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan asesmen yang juga dipadukan dengan daur belajar 5 M SD Islam Umar Harun. 2) Implementasi model CTL pada kegiatan riset menjadi upaya pengembangan potensi siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Siswa mampu mengenal dirinya dengan penuh, aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, dan menunjukkan perkembangan diri. 3) Pengimplementasian model CTL pada kegiatan riset siswa kelas 3 membutuhkan waktu dan tenaga yang mendukung.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model CTL, kegiatan riset, potensi, karakteristik kelas 3 SD |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/490 |
Actions (login required)
View Item |