Khasanah, Zidni (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU DI MI HIDAYATUL MUSLIMIN KUMBO SEDAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (669kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (694kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (694kB) |
Abstract
Administrasi Pembelajaran Guru merupakan perangkat pembelajaran yang perlu dilengkapi oleh guru kelas, di antaranya adalah rpp, bahan ajar, dan kisi-kisi soal. Kelengkapan perangkat administrasi pembelajaran yang baik, didasari oleh pengembangan yang baik yaitu sesuai dengan standar kurikulum yang ditetapkan . Sehingga akan menunjukkan kualitas pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menganalisa pengembangan administrasi pembelajaran guru kelas IV dan V di MI Hidayatul Muslimin Kumbo. 2) untuk mengetahui persamaan dan perbedaan guru kelas IV dan V dalam mengembangkan administrasi pembelajaran. Penelitian lapangan ini didesain dengan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan V. Objek penelitian ini yaitu dokumen rpp, bahan ajar, dan kisi-kisi soal yang telah guru kembangkan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV dan V dalam mengembangkan rpp memiliki persamaan dalam menentukan aspek KD, tujuan pembelajaran, alokasi waktu dan penilaian pada komponen RPP serta upaya dalam mengembangkan bahan ajar. Perbedaan yang sangat utama terdapat pada kelengkapan perangkat kisi-kisi soal, menunjukkan bahwa guru kelas IV belum mengembangkan kisi-kisi soal ke dalam bentuk dokumen sedangkan guru kelas V sudah mengembangkannya ke dalam bentuk dokumen.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Administrasi Pembelajaran, Guru Sebagai Administrator. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/474 |
Actions (login required)
View Item |