MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI MI AN NASHRIYAH LASEM

Suleha, Suleha (2022) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi/pengawasan manajemen Kepala Madrasah dalam pengelolaan kurikulum sekolah terhadap kualitas pembelajaran di MI An Nashriyah Lasem. Pada penelitian ini ditemukan bahwa Kepala Madrasah melaksanakan fungsi manajerial dengan baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Perencanaan kurikulum mencakup: struktur kurikulum, perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, KKM, pembagian tugas guru, standar kenaikan kelas, standar kelulusan, serta rancangan kegiatan pembelajaran.(2) Pengorganisasian yang dilakukan oleh Kepala Madrasah adalah merancang kegiatan rutin dan spontan/pembiasaan. Penetepan KKM mata pelajaran serta menetapkan kriteria kenaikan kelas dan kriteria kelulusan peserta didik. Kepala Madrasah juga membagi tugas guru maupun staf yang ada di madrasah sesuai dengan kemapuannya.(3) Pelaksanaan kurikulum dilakukan dalam satu tahun pelajaran berupa pelaksanaan kegiatan rutin dan spontan guna mencapai tujuan madrasah yang sesuai dengan visi, misi madrasah. Penilaian hasil belajar sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan dan menetapkan kenaikan kelas dan kelulusan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan serta pelaksaan pembelajaran di dalam kelas.(4) Evaluasi/pengawasan dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran. Evaluasi dilakukan untuk review dan revisi terhadap kurikulum dan pembelajaran. Evaluasi/pengawasan dilakukan oleh Kepala Madrasah, guru dan komite sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Madrasah, Pengelolaan Kurikulum Sekolah, Kualitas Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:48
Last Modified: 20 Sep 2023 00:48
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item