KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN SARANG

Muslimah, Siti Wakhid (2021) KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN SARANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1. ABSTRAK wakhid.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
8. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (849kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muslimah, Siti Wakhid. 2021. Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Sarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nelly Rahmawati Zaimah, M.Pd. Proses pembelajaran dikatakan berkualitas apabila diukur dari besarnya peran guru dan keaktifan peserta didik. Adapun kualitas pembelajaran secara umum diantaranya; (1) perilaku guru, (2) perilaku peserta didik, (3) iklim pembelajaran, (4) materi pembelajaran, (5) media pembelajaran, (6) sistem pembelajaran. Pembelajaran bahasa Arab di MI mulai kelas IV-VI mencakup empat SK (mendengar, berbicara, membaca, menulis), dan lebih mengutamakan kemampuan mendengar dan berbicara. Usaha guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas tertuju pada peserta didik, sumber pelajaran, dan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab di MI Hidayatul Mubtadiin, (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas di MI Hidayatul Mubtadiin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan peserta didik kelas V A dan B MI Hidayatul Mubtadiin Sarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terutama pada pelajaran bahasa Arab di masa pandemi masih belum efektif. Kurang optimalnya upaya guru dalam menciptakan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Pada intinya kualitas pembelajaran bahasa Arab dapat diciptkan dari usaha guru dalam mengelola iklim pembelajaran, penggunaan metode dan media yang bervariasi, dan selalu memperhatikan peserta didik. Saran yang dapat diberikan kepada guru bahasa Arab diharapkan kedepannya pembelajaran bahasa Arab di MI Hidaytaul Mubtadiin jauh lebih bervariasi dan inovatif lagi agar peserta didik Saran untuk peserta didik tetap semangat belajar terutama pada pelajaran bahasa Arab yang ditambahkan dengan nahwu ṣorof. Kata kunci: kualitas pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab, siswa kelas V.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab, siswa kelas V.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:02
Last Modified: 27 Aug 2023 14:02
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item