Muslimah, Siti Wakhid (2021) KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN SARANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. ABSTRAK wakhid.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
|
Text
8. CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (849kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Muslimah, Siti Wakhid. 2021. Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Sarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nelly Rahmawati Zaimah, M.Pd. Proses pembelajaran dikatakan berkualitas apabila diukur dari besarnya peran guru dan keaktifan peserta didik. Adapun kualitas pembelajaran secara umum diantaranya; (1) perilaku guru, (2) perilaku peserta didik, (3) iklim pembelajaran, (4) materi pembelajaran, (5) media pembelajaran, (6) sistem pembelajaran. Pembelajaran bahasa Arab di MI mulai kelas IV-VI mencakup empat SK (mendengar, berbicara, membaca, menulis), dan lebih mengutamakan kemampuan mendengar dan berbicara. Usaha guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas tertuju pada peserta didik, sumber pelajaran, dan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab di MI Hidayatul Mubtadiin, (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas di MI Hidayatul Mubtadiin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan peserta didik kelas V A dan B MI Hidayatul Mubtadiin Sarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terutama pada pelajaran bahasa Arab di masa pandemi masih belum efektif. Kurang optimalnya upaya guru dalam menciptakan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Pada intinya kualitas pembelajaran bahasa Arab dapat diciptkan dari usaha guru dalam mengelola iklim pembelajaran, penggunaan metode dan media yang bervariasi, dan selalu memperhatikan peserta didik. Saran yang dapat diberikan kepada guru bahasa Arab diharapkan kedepannya pembelajaran bahasa Arab di MI Hidaytaul Mubtadiin jauh lebih bervariasi dan inovatif lagi agar peserta didik Saran untuk peserta didik tetap semangat belajar terutama pada pelajaran bahasa Arab yang ditambahkan dengan nahwu ṣorof. Kata kunci: kualitas pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab, siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab, siswa kelas V. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 14:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 14:02 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/350 |
Actions (login required)
View Item |