Chikmiah, Arinatul (2021) RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK KI HADJAR DEWANTARA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI INDONESIA. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (909kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
|
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
Abstract
Chikmiah, Arinatul. 2021. Relevansi Konsep Prndidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara Terhadap Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Intan Aulia Rakhmawati, M. Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan realita sistem pendidikan nasional di Indonesia yang lebih pada proses transfer pengetahuan semata dan orientasi pendidikan yang lebih condong pada kecerdasan intelektual. Hal tersebut tentu berlawanan dengan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang sangat mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Peserta didik dipandang sebagai makhluk yang memiliki potensi sejak lahir sehingga pendidikan dimaknai sebagai suatu tuntunan dalam hidup anak. Melalui sistem among Ki Hadjar Dewantara menawarkan suatu konsep pendidikan yang tidak memaksa dan memberi kebebasan kepada anak untuk berpikir kritis demi mengembangkan potensi yang dimiliki. Konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara sebenarnya menjadi sebuah landasan dalam membuat sistem pendidikan nasional di Indonesia sebagaimana konsep “merdeka belajar” yang diusung oleh Nadiem Makarim sebagai suatu kebijakan yang berprinsip pada kemerdekaan dan kemandirian serta mengedepankan nilai-nilai kemanuisaan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui relevansi konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dengan Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber primer berupa berbagai buku karya Ki Hadjar Dewantara dan sumber sekunder dari berbagai buku, jurnal, artikel dan lain-lain yang mendukung pencarian data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara masih relevan dengan sistem pendidikan nasional di Indonesia. Relevansinya terdapat dalam beberapa komponen diantaranya; tujuan pendidikan, pendidikan agama, kurikulum pendidikan, dan merdeka belajar pada pokok peniadaan UN diganti dengan AKB, Penyederhanaan RPP, dan sistem zonasi. Kata Kunci: Pendidikan Humanistik, Ki Hadjar Dewantara, Sistem Pendidikan Nasional
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Humanistik, Ki Hadjar Dewantara, Sistem Pendidikan Nasional |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 08:59 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 08:59 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
View Item |