Khasanah, Siti Ridhotul (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN SBDP DALAM MEMPERKUAT NILAINILAI BUDAYA LOKAL SISWA KELAS III MI AN NASHRIYAH LASEM REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2010. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (602kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9. CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
Abstract
Khasanah, Siti Ridhotul. 2020. Analisis Pembelajaran SBDP dalam Memperkuat Nilai-Nilai Budaya Lokal Siswa Kelas III MI An Nashriyah Lasem Rembang Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam AlAnwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran SBDP dalam memperkuat nilai-nilai budaya lokal siswa kelas III MI An Nashriyah lasem rembang. Seni budaya yang ditanamkan dalam pembelajaran SBDP dapat memperkuat nilai-nilai budaya lokal yang merupakan bekal siswa untuk lebih fokus dalam melestarikan dan menguatkan budaya yang sudah ada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini terfokus pada lokasi penelitian MI An Nashriyah yang beralamat di desa Ngemplak, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah. Sampel yang dimaksdkan yaitu siswa kelas III MI An Nashriyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari proses pembelajaran SBDP dalam memperkuat nilai-nilai budaya lokal. Dengan begitu siswa mampu menjernihkan pikirannya dengan kreativitas anak. siswa akan mampu mengembangkan budayanya dimana saja jika sudah dibekali pendidikan yang mengarahkan dan mempraktekan bagaimana cara untuk mengembangkan budaya dan memperkuat nilai-nilai budaya yang ada dengan kejujuran, kedisiplinan dan imajinasi yang kuat. Kata kunci: Pembelajaran SBDP, Nilai-nilai Budaya Lokal.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran SBDP, Nilai-nilai Budaya Lokal. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 05:46 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 05:46 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |