Masyitoh, Siti (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM(PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI HIDAYATUS SHIBYAN TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (864kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (656kB) |
|
Text
8_CV.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
Text
9_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Masyithoh, Siti. 2020. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Hidayatus Shibyan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pembelajaran pada kelas IV MI Hidayatus Shibyan yang masih berpusat pada guru. Guru sebagai pemberi materi, siswa hanya menerima materi yang diberikan. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kemampuan berfikir kritisnya tidak berkembang. Kemampuan berfikir kritis bisa dipenuhi oleh siswa apabila guru dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan tepat. Oleh karena itu penggunaan strategi berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Jenis penelitian adalah quasy experimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran tematik sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa strategi PAIKEM mengalami peningkatan rata-rata sebesar 19,3 %. Berdasarkan output statistik uji mann whitney, diketahui bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,19 < 0,05 maka Ha diterima. Jadi dapat disimpulan bahwa strategi pembelajaran berbasis PAIKEM (dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas IV MI Hidayatus Shibyan tahun ajaran 2019/2020. Saran yang dapat digunakan hendaknya strategi PAIKEM dapat digunakan sebagai alternatif dalam memberikan variasi mengajar guru dan hendaknya peneliti lain memanfaatkan strategi PAIKEM dengan dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran yang berbeda agar hasil yang diperoleh berbeda. Keyword: strategi PAIKEM, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran tematik dan siswa kelas IV
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi PAIKEM, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran tematik dan siswa kelas IV |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 05:46 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 05:46 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |