PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020

Salsa Navian, Nur’Aini (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (830kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (825kB)
[img] Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Nur’Aini, Salsa Navian, 2020. “pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep materi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem tahun ajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep materi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI An-Nashriyah lasem pada tahun 2019/2020 yang berjumlah 89 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji mann withney U. Hasil penelitian pada variabel pemahaman konsep materi diperoleh nilai signifikansi 0,211 > 0,05 yang artinya tidak ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep materi siswa dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (61,56) lebih rendah dari kelas kontrol (69,03). Sedangkan pada kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai signifikansi 0,322 > 0,05 yang artinya tidak ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 61,83 (lebih rendah) dari kelas kontrol (61,83). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata-Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Materi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:46
Last Modified: 14 Aug 2023 05:46
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item