PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI AL HUDA KUNDURAN-BLORA TAHUN AJARAN 2019/2020

Alfiyah, Nur (2020) PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI AL HUDA KUNDURAN-BLORA TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
BAB AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (897kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nur, Alfiyah. 2020. “Penggunaan Metode Praktikum Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Al Huda Kunduran-Blora Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing. Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd. Tujuan penelitian ini: pertama, untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode praktikum pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kedua, ntuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode praktikum pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling purposive. Dengan teknik tersebut dipilihlah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran IPA menggunakan metode praktikum dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran IPA menggunakan metode konvensional. Instrument penelitian berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan uji independent sample T-test pada variabel kemampuan berpikir kritis diperoleh signifikasi 0.129 > 0.05 yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan metode praktikum pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata akhir kelas eksperimen adalah 61.97 dan nilai rata-rata akhir kelas kontrol adalah 49.4. Sedangkan hasil uji independent sample T-test pada variabel prestasi belajar siswa diperoleh signifikasi 0.108 > 0.05 yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan metode praktikum pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata akhir kelas eksperimen adalah 71.92 dan nilai ratarata akhir kelas kontrol adalah 84. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode praktikum pada pembelajaran IPA tidak berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa, namun penggunaan metode praktikum pada pembelajaran IPA memiliki kontribusi lebih baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Metode Praktikum, Ilmu pengetahuan Alam, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Praktikum, Ilmu pengetahuan Alam, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:42
Last Modified: 12 Aug 2023 03:42
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item