Syarifah, Nurun Niatus (2024) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN PPKN DALAM PEMBENTUKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas III pada pembelajaran PPKn di MI An Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III B di MI An Nashriyah Lasem, sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu peran guru pada pembelajaran PPKn dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas III di MI An Nashriyah Lasem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III guru berperan sebagai pembimbing, fasilitator, motivator, dan evaluator. Pada indikator interpretasi, guru berperan membimbing peserta didik untuk dapat memahami materi “Lambang Negara”. indikator analisis guru berperan membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi materi “Lambang Negara” dengan menggunakan media gambar dan cerita. Pada indikator evaluasi, guru menyediakan fasilitas pembelajaran untuk peserta didik yaitu dengan menyediakan media pembelajaran, RPP, evaluasi penilaian, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya. Guru berperan sebagai evaluator dengan melakukan evaluasi secara tes tertulis kepada peseta didik. Pada indikator inferensi, guru berperan untuk membimbing peserta didik yang belum dapat menyimpulkan materi dengan cara menjelaskan kembali materi pelajaran secara perlahan. Pada indikator penjelasan, guru berperan sebagai fasilitator dengan memberikan motivasi kepada peserta didik dan menciptakan suasana belajar yang memungkinkan peserta didik untuk berkomunikasi secara aktif. Pada indikator regulasi diri, guru berperan untuk membimbing peserta didik agar dapat mengendalikan emosi diri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nadia Nadia Sanias Aini |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:28 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1501 |
Actions (login required)
View Item |