Urbah, Ro'is Ro'datul (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP SIKAP ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Kasus Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu al�Anwar Sarang Tahun Ajaran 2018/2019. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text
Lampiran,,,,.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Awal (Revisi).pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (649kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (495kB) |
Abstract
Urbah, Ro`is Ro`datul. 2019. Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Anak di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu al-Anwar Sarang Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil,Lc.,M.Pd.I. Pembelajaran Akidah Akhlak memiliki pengaruh penting dalam kaitannya dengan pendidikan anak. Kerapkali kemunduran anak di sekolah sering disebabkan oleh keadaan pembelajaran di sekolah. Melalui pembelajaran akidah akhlak maka akan sangat membantu anak untuk berprilaku yang baik atau berakhlakul karimah. Baik buruknya pembelajaran akidah akhlak turut mempengaruhi terhadap perilaku siswa, karena sekolah ikut serta dalam upaya membentuk karakter seorang anak berdasarkan studi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Al-Anwar Sarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap siswa, seberapa besar kontribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki signifikansi atau tidak. Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa sikap siswa memiliki ketergantungan terhadap pembelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menyajikan hasil penelitian dengan bentuk deskriptif naratif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan guru akidah akhlak, dan objeknya yaitu semua siswa kelas IV (11 siswa laki�laki dan 3 siswa perempuan). Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan sikap siswa yaitu dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi. Cara menjelaskan bentuk sikap sosial dalam pembelajaran yaitu dengan sesuai bentuk materi pembelajaran, langsung mempraktikan materi yang diajarkan. Media yang digunakan yaitu audiovisual, dan lainnya. Evaluasi yang digunakan menggunakan pernyataan dengan instrument-instrumen sesuai mater. Faktor pendukung pembelajaran akidah akhlak yaitu faktor lingkungan dan faktor geografis. (2) Faktor penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan sikap anak yaitu sarana dan prasarana. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak memiliki pengaruh terhadap sikap sosial anak di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Terpadu al-Anwar Sarang. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru agar lebih memperhatikan sikap siswa di lingkungan sekolah maupun di luar kelas, guru menciptakan media-media pembelajaran yang lebih menarik. perlunya kualitas dan kuantitas sarana dan prasara untuk mendukung proses belajar menjadi lebih baik. Siswa lebih diberi motivasi untuk semangat belajar. Kata-kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Sikap Anak, Lingkungan Sekolah
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Akidah Akhlak, Sikap Anak, Lingkungan Sekolah |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 15:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/141 |
Actions (login required)
View Item |