MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MI NEGERI 01 GROBOGAN

Eny, Rahmawati (2024) MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MI NEGERI 01 GROBOGAN. Eny Rahmawati, STAI AL-ANWAR SARANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rahmawati, Eny. 2024. Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Mewujudkan Profil Pelejar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di MI Negeri 01 Grobogan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Intidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Burhanudin Mustofa, M. Pd. Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya keterampilan bernalar kritis peserta didik kelas 5C, Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui model Project Based Learning pada pembelajaran IPAS dalam membentuk dimensi bernalar kritis di kelas 5C MI Negeri 01 Grobogan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dari wali kelas 5C dan guru mapel bahasa inggris di MI Negeri Grobogan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dilakukan sesuai berdasarkan sintaksnya yaitu, membuka pelajaran dengan pertanyaan, merencanakan proyek, menyusun proyek, mengawasi jalannya proyek, penilaian terhadap produk yang dihasilkan dan evaluasi. Kemudian dalam membentuk karakter bernalar kritis dilihat berdasarkan indikatornya yaitu, memperoleh dan memproses informasi serta gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi dan mengevaluasi pemikiran sendiri. Pelaksanaan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPAS dirancang untuk mendorong peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengidentifikasi masalah, berbagi pengetahuan, dan melakukan analisis secara kolaboratif. Melalui membuat proyek yang dibuat sesuai dengan tema pada materi “Oh, Lingkungan Jadi Rusak” yaitu dengan membuat proyek wadah pensil dan hiasan dinding dari kain flanel. Kata kunci: Model Project Based Learning PJBL, Bernalar kritis dan IPAS.

Item Type: Other
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Eny Rahma Wati
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:09
Last Modified: 02 Sep 2024 06:09
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item