ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DAN V SDN SENDANGWARU KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Sultoni, Moh (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DAN V SDN SENDANGWARU KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, sekolah tinggi agama islam al anwar rembang.

[img] Text
bab 1.pdf - Submitted Version

Download (399kB)
[img] Text
bab 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
COVER ASLI.pdf - Submitted Version

Download (60kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (258kB)
[img] Text
PEMBATAS BAB.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
PERYATAAN KEASLIAN KOMPLIT.pdf - Submitted Version

Download (393kB)
[img] Text
SCAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sultoni, Moh. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Dan V SDN Sendangwaru Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd. I Matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasai dengan baik, namun sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, khususnya siswa kelas IV dan V SDN Sendangwaru kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Persepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit diperkuat dengan hasil belajar matematika yang masih rendah. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1. Kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa kelas IV dan V SDN Sendang Waru dalam belajar matematika?, 2. Faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas IV dan V SDN Sendang Waru berkesulitan belajar matematika? Penelitian ini bertujuan 1. untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa pada pelajaran matematika di SDN Sendang Waru khususnya kelas IV dan V, 2. untuk mengetahui faktor –faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika di SDN Sendang Waru khususnya kelas IV dan V. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 5 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini yaitu jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas IV yaitu kesulitan memahami konsep yang dialami siswa yaitu kesulitan pada konsep perbandingan pecahan. Kesulitan tersebut ditunjukkan ketika siswa tidak dapat mengerjakan soal tentang perbandingan pecahan ketika penyebutnya berbeda dan kesulitan untuk memahami konsep perkalian dalam pecahan. Sedangkan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas V yaitu menganggap matematika itu sulit karena banyak menghafal rumus, kesulitan untuk memahami materi yang telah diajarkan di dalam kelas, dan matematika dianggap sulit karena matematika identik menghitung yang sesuai dengan rumus. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu: Kurang perhatian dan pengertian orang tua, banyak kegiatan yang dialakukan di luar sekolah, kemampuan yang minim, frekuensi belajar kurang, kelemahan dalam menghitung, kesulitan dalam mentranfer ilmu pengetahuan, gangguan dari luar, kurangnya belajar. Disarankan kepada guru agar mengajarkan matematika sesuai dengan teori belajar matematika disertai alat peraga untuk meningkatkan motivasi dan menumbuhkan sikap positif siswa. Bagi siswa hendaknya memiliki sikap positif pada pelajaran matematika dan memperbanyak latihan soal. Bagi orang vi tua hendaknya memperhatikan perkembangan belajar siswa khususnya pada kesulitan belajar matematika dengan menjalin kerja sama dengan guru. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Teori Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Teori Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:27
Last Modified: 10 Aug 2023 18:29
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item