Rahayuningsih, Salsabila (2024) Project Based Learning Pada Pembelajaran IPAS dalam Membentuk Dimensi Karakter Bernalar Kritis Siswa Kelas IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (706kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya keterampilan bernalar kritis siswa yang terjadi di kelas IV, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Project Based Learning pada pembelajaran IPAS dalam membentuk dimensi karakter bernalar kritis siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari guru kelas IV A dan IV B SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Project Based Learning dilakukan dengan efektif, sesuai berdasarkan sintaksnya yaitu; memberi pertanyaan mendasar/essensial, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor siswa dan kemajuan proyek, menguji hasil, dan melakukan evaluasi serta siswa mampu membentuk dimensi bernalar kritisnya berdasarkan capaian indikator dimensi bernalar kritis yakni: memperoleh dan memproses informasi, menilai/menganalisis penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, serta membuat keputusan yang dilakukan pada pembelajaran IPAS. Pelaksanaan Project Based Learning pada pembelajaran IPAS membangun siswa kelas IV aktif dalam mengemukakan masalah berdasarkan pengetahuan yang mereka ketahui dan melakukan analisis secara kolaboratif yang kemudian disajikan ke dalam bentuk “Poster”. Melalui pengerjaan proyek, kemampuan bernalar kritis siswa kelas IV dapat terlihat dalam penyajian “Poster Aku dan Kebutuhanku”, siswa berdiskusi, saling menghargai pendapat orang lain dalam menjawab yang memuat definisi dari klasifikasi kebutuhan manusia dan contohnya, serta memberikan alasan saat mengkategorikan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Salsabila Rahayuningsih |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 05:10 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 05:10 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1344 |
Actions (login required)
View Item |