MANAJEMEN PROGRAM TAHFĪẒ AL-QUR’AN DI SD ISLAM FAAZ TUBAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA

Majid, Miftahul (2023) MANAJEMEN PROGRAM TAHFĪẒ AL-QUR’AN DI SD ISLAM FAAZ TUBAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiaman manajemen program tahfīẓ al-Qur‟an di SD Islam Faaz Tuban dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru tahfīẓ alQur‟an dan koordinator tahfīẓ al-Qur‟an. Objek data dalam penelitian ini adalah pembelajaran tahfīẓ al-Qur‟an di SD Islam Faaz Tuban dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program tahfīẓ alQur‟an dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin siswa terbagi menjadi 5 tahapan. Pertama, perencanaan, dalam program tahfīẓ alQur‟an terdapat perencanaan yaitu meliputi, penyusunan metode, alokasi waktu, dan media pembelajaran. kedua, pengorganisasian, didalam pengorganisaian ini terdapat pembentukan struktur organisasi program, pembagian tugas guru dalam pembelajaran tahfīẓ al-Qur‟an dan pembentukan halaqah siswa. Ketiga pengarahan, pengarahan kegiatan dilakukan terhadap terhadap guru tahfīẓ al-Qur‟an agar dalam pelaksanaan pembelajaran tahfīẓ al-Qur‟an menjadi efektif, kondusif dan efisien. keempat pengawasan, pengawasan ini betujuan untuk mengawasi jalannya pembelajaran tahfīẓ al-Qur‟an dan untuk mengetahui perkembangan program tahfīẓ al-Qur‟an, kelima evaluasi, evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan program tahfīẓ al-Qur‟an. siswa sangat antusias dalam menguki pembelajaran tahfīẓ al-Qur‟an dan karakter siswa menjadi lebih baik setelah mengikuti program tahfīẓ al-Qur‟an

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Spd Miftahul Majid Miftah
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:13
Last Modified: 19 Aug 2024 03:13
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item