syarifah, syarifah Yanti (2024) KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIS GURU PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SDI SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (658kB) |
|
Text
BABB II.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (552kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (636kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Yanti, Syarifah. 2024. Kompetensi Profesional dan Pedagogis Guru Pada Pembelajaran IPAS Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas IV di SDI Sultan Agung 4 Semarang. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I. Penelitian ini didasarkan pada ciri khas guru terkait kemampuan guru dalam mengajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional dan pedagogis yang dimiliki guru pada pembelajaran IPAS dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDI Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh guru memiliki peran dalam melancarkan proses belajar mengajar yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kompetensi profesional guru kelas IV B dikategorikan baik yakni guru menguasai komponen pada setiap kompetensi dalam mencapai indikator kemampuan berpikir kritis pada siswa. Begitu juga kompetensi pedagogis guru kelas IV B dikategorikan baik yang mana guru telah menguasai indikator kompetensi pedagogis dengan baik dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Komponen kompetensi pedagogis guru telah sesuai dalam mencapai indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dilihat dalam pembelajaran di mana siswa bisa menganalisis materi pembelajaran, memecahkan masalah yang dihadapi dalam belajar, menyimpulkan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogis, Pembelajaran IPAS, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Depositing User: | Syarifah syarifah yanti |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:33 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:33 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1181 |
Actions (login required)
View Item |