SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN

Kamila, Ardelia Naila (2024) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Supervisi kepala sekolah yang dipersiapkan dengan sangat baik akan mempengaruhi berkembangnya kompetensi guru. Oleh karena itu, setiap sekolah diharapkan untuk melaksanakan supervisi kepala sekolah satu kali dalam satu semester.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru pada implementasi kurikulum merdeka di MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Kelas IV yang mengajar khususnya dalam pembelajaran yang berbasis implementasi kurikulum merdeka MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji keabsahan data berupa triangulasi teknik. Pada teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan profesional dengan melakukan pembinaan-pembinaan secara rutin. Ketika ditemukan adanya permasalahan atau kesulitan dalam mengajar, kepala sekolah langsung memberikan pembinaan bagi guru tersebut. Ketika ditemukan hanya pada satu guru, maka pembinaan secara personal. Jika yang ditemukan dibeberapa guru, maka kepala sekolah memberikan pembinaan secara kelompok. Hambatan-hambatan supervisi kepala sekolah yang ditemukan yaitu: tidak semua guru memiliki kemampuan yang sama dan waktu pelaksanaan supervisi yang terbatas. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru, Supervisi Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ardelia Naila Kamila
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:31
Last Modified: 09 Jul 2024 02:31
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item