Kamila, Ardelia Naila (2024) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.
Text
BAB I.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (439kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) |
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Supervisi kepala sekolah yang dipersiapkan dengan sangat baik akan mempengaruhi berkembangnya kompetensi guru. Oleh karena itu, setiap sekolah diharapkan untuk melaksanakan supervisi kepala sekolah satu kali dalam satu semester.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru pada implementasi kurikulum merdeka di MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Kelas IV yang mengajar khususnya dalam pembelajaran yang berbasis implementasi kurikulum merdeka MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji keabsahan data berupa triangulasi teknik. Pada teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan profesional dengan melakukan pembinaan-pembinaan secara rutin. Ketika ditemukan adanya permasalahan atau kesulitan dalam mengajar, kepala sekolah langsung memberikan pembinaan bagi guru tersebut. Ketika ditemukan hanya pada satu guru, maka pembinaan secara personal. Jika yang ditemukan dibeberapa guru, maka kepala sekolah memberikan pembinaan secara kelompok. Hambatan-hambatan supervisi kepala sekolah yang ditemukan yaitu: tidak semua guru memiliki kemampuan yang sama dan waktu pelaksanaan supervisi yang terbatas. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru, Supervisi Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ardelia Naila Kamila |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:31 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:31 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1180 |
Actions (login required)
View Item |