Thoifatul, Thoifatul Hasna (2024) OPTIMALISASI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
Bagian Awal.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (347kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan platform teknologi yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek dalam rangka menunjang akselerasi peralihan menuju Kurikulum Merdeka. PMM dapat memberikan referensi bagi guru dalam mengembangkan praktik mengajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan PMM di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang serta mendeskripsikan bagaimana peran PMM dalam mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogik guru pada implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) PMM belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru-guru di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Akan tetapi, kepala sekolah sudah mengupayakan pengoptimalan PMM dengan membentuk komunitas belajar di sekolah yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. 2) PMM dapat membantu mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogik guru di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang meskipun belum secara keseluruhan. Melalui pemanfaatan PMM, guru dapat mengembangkan kompetensi profesionalnya yang meliputi: a) Menguasai materi pelajaran. b) Mengembangkan materi pelajaran secara kreatif. c) Mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan. d) Memanfaatkan TIK untuk mengembangkan diri. Sedangkan kompetensi pedagogik yang dapat dikembangkan guru melalui PMM terdiri dari: a) Menguasai karakteristik peserta didik. b) Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran. c) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. d) Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran. e) Memfasilitasi perkembangan potensi peserta didik. Kata Kunci: Platform Merdeka Mengajar (PMM), Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Thoifatul Hasna Thoifatul Hasna |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:44 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:44 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1174 |
Actions (login required)
View Item |