amanda, ahklam (2024) STRATEGI KONSELING GURU DALAM MENANGANI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SISWA BROKEN HOME (STUDI KASUS DI MIN 1 REMBANG DAN MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN). skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (500kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ahklam, Amanda. 2024. Strategi Konseling Guru dalam Menangani Psikologi Perkembangan Siswa Broken Home (Studi Kasus di MIN 1 Rembang dan MI Riyadlotut Thalabah Sedan). Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. STAI Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa broken home di MIN 1 Rembang dan MI Riyadlotut Thalabah Sedan yang cenderung mempunyai sifat yang membangkang, bolos, dan adapula yang diberhentikan sementara dalam mengikuti pembelajaran serta dari kegiatannya di sekolah atau disuspensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi konseling guru dalam menangani psikologi perkembangan psikososial siswa broken home di kelas II MIN 1 Rembang dan di kelas VI MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan atau metode case study (studi kasus). Subjek penelitian ini yaitu guru kelas II MIN 1 Rembang, dan guru kelas VI MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai strategi konseling guru dalam menangani psikologi perkembangan psikososial siswa broken home menunjukkan bahwa guru di MIN 1 Rembang memberikan layanan konseling, di antaranya ranah psikologi: layanan dasar berupa face to face. Ranah sosial: layanan responsif, layanan dasar face to face, dan perencanaan individual. Sedangkan guru di MI Riyadlotut Thalabah Sedan mengatasi permasalahan siswa broken home dengan memberikan layanan konseling pada ranah psikologi: layanan dasar face to face dan layanan responsif. Sedangkan pada ranah sosial guru memberikan layanan informasi. Penelitian ini berkontribusi untuk semua guru yang belum memiliki strategi layanan bimbingan konseling di tingkat SD/MI. Kata Kunci: Stratetegi Konseling, Psikologi Perkembangan Psikososial, Broken Home.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Amanda Ahklam Amanda Ahklam |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:29 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
View Item |