Nurhidayati, Nurhidayati (2019) ANALISIS KESESUAIAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DENGAN ACUANNYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK; (STUDI KASUS DI SD ISLAM AN-NAWAWIYAH TASIKAGUNG REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019). skripsi thesis, sekolah tinggi agama islam al anwar rembang.
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (405kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (494kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Nurhidayati, 2019. Analisis Kesesuaian Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dengan Acuannya dalam Pembelajaran Tematik; (Studi Kasus di SD Islam an-Nawawiyyah Tasikagung Rembang Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M. Pd. Kurikulum 2013 memiliki orientasi yaitu adanya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Praktik kurikulum kemudian dituangkan dalam proses pembelajaran.Pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik dengan menggunakan penilaian autentik sebagai alat ukurnya. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara menyeluruh, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan selama proses maupun usai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 terhadap pembelajaran tematik siswa kelas IV di SD Islam an�Nawawiyah Tasikagung Rembang, serta kesesuaiannya terhadap acuan penilaian autentik kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Subjek pendukungnya adalah siswa kelas IV B SD Islam an-Nawawiyyah Tasikagung Rembang, serta objeknya adalah pelaksanaan penelitian autentik kurikulum 2013 terhadap pembelajaran tematik di SD Islam an-Nawawiyyah Tasikagung Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penilaian kompetensi sikap meliputi observasi, jurnal, dan penilaian antarteman. Dalam pelaksanaannya sudah cukup baik karena sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014, (2) penilaian kompetensi pengetahuan meliputi tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014, (3) penilaian kompetensi keterampilan meliputi penilaian kinerja, projek, dan portofolio. Dalam pelaksanaannya, penilaian kinerja dan projek sudah sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014, sedangkan untuk penilaian portofolio masih terdapat aspek yang belum sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 06 Aug 2023 17:10 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:26 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/115 |
Actions (login required)
View Item |