MANAJEMEN PENGAWASAN GURU PADA PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI (BUSI) DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 04 SEMARANG

Rohmatun, zuyyinatulafiyah (2024) MANAJEMEN PENGAWASAN GURU PADA PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI (BUSI) DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 04 SEMARANG. skripsi thesis, STAIL Al Anwar Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Afiyah, Zuyyinatul. 2024. Manajemen Pengawasan Guru pada Pelaksanaan Budaya Sekolah Islami (BUSI) dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV SD Islam Sultan Agung 04 Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan manajemen terkait pelaksanaan budaya sekolah islami (BUSI) yang kurang optimal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, karena terdapat beberapa guru yang kurang perhatian terhadap kegiatan adab BUSI di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan manajemen pengawasan guru pada pelaksanaan budaya sekolah (BUSI) dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 04 Semarang, objek dalam penelitian ini adalah manajemen pengawasan guru pada pelaksanaan budaya sekolah islami (BUSI) dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakana analisi data kualitatif model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV SD Islam Sultan Agung 04 Semarang secara keseluruhan melaksanakan manajemen pengawasan dalam progam BUSI yaitu guru kurang optimal karena terdapat perbedaan dalam pelaksanaan program BUSI di kelas IV A dan IV B dengan guru kelas IV B yang sudah baik dalam pelaksanaan BUSI sedangkan guru kelas IV A yang kurang peduli dengan kegiatan adab BUSI di dalam kelas. Adapun faktor penghambat manajemen pengawasan guru yaitu belum adanya pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan kurangnya pemahaman guru tentang pentingnya mengintegrasikan BUSI dengan nilai-nilai Pancasila. Adapun upaya solutif mengatasi hambatan ini yaitu melakukan evaluasi kinerja secara teratur serta memastikan bahwa manajemen pengawasan guru dalam BUSI tercapai, dapat menjadi teladan dan bijaksana dalam melaksanakan program BUSI terhadap siswa. Kata Kunci: Manajemen Pengawasan Guru, Budaya Sekolah Islami, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Zuyyinatul Afiyah Rokidi
Date Deposited: 29 Jun 2024 03:00
Last Modified: 29 Jun 2024 03:00
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item