Ainiyah, Noor' (2024) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Menerapkan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Pada Guru Kelas 3 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MI Negeri 1 Rembang. skripsi thesis, STAI Al;Anwar Sarang Rembang.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (474kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6-BAB V.pdf Download (389kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan terkait kemampuan beberapa guru yang gagap dalam menggunakan teknologi terutama pada guru yang berusia 35 tahun ke atas padahal secara sarana dan prasarana sudah dikategorikan memadai dengan proyektor serta laboratorium komputer bagi seluruh pendidik. Fasilitas tersebut juga jarang dioperasikan secara maksimal dalam pembelajaran sebab minimnya pengetahuan para pendidik dalam pengintegrasian teknologi di pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen yang dilakukan kepala sekolah dalam menerapkan TPACK pada setiap guru kelas MI Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, lalu teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam menerapkan TPACK pada guru kelas MI Negeri 1 Rembang sudah baik melalui beberapa kegiatan manajemen yang dapat membantu pelaksanaan TPACK dalam pembelajaran. Lalu, penerapan TPACK pada guru kelas 3 juga menunjukkan bahwa aspek PK dan CK guru kelas 3 tergolong baik, namun aspek TK masih tergolong kurang dan perlu untuk dikembangkan lagi sehingga kualitas pembelajaran juga masih perlu untuk ditingkatkan. Adapun penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas terutama pada pihak pendidikan terkait manajemen kepala sekolah dalam menerapkan TPACK pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Faiqoh Noor' Ainiyah |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 06:48 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 06:48 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1105 |
Actions (login required)
View Item |