PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA MI MUHAMMADIYAH CARUBAN

Azis, Nur Abdul (2024) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA MI MUHAMMADIYAH CARUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)

Abstract

Azis, Nur Abdul. 2024. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa MI Muhammadiyah Caruban. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tnggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan tentang seseorang yang berprofesi sebagai guru untuk menunjukan peranya dalam upaya pembentukan karakter religius kepada siswa dikelas III MI Muhammadiyah Caruban. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembelajaran akidah akhlak pada kelas III MI Muhammadiyah Caruban serta menganalisis foktor penghambat dan faktor pendukung dari hal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu, guru Akidah Akhlak kelas III, siswa kelas III, dan kepala madrasah. Objek penelitian ini meliputi segala peran yang ditampilkan guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembelajaran akidah akhlak di MI Muhammadiyah Caruban. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru yang ditampilkan dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas III yaitu: 1) peran guru sebagai pengajar. 2) peran guru sebagai pendidik. 3) peran guru sebagai model dan teladan. Sedangkan faktor penghambat yang dialami guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas III yaitu 1) siswa belum lancar membaca dan menulis, 2) kurannya pendampingan siswa diluar sekolah. Selain itu faktor pendukung guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas III yaitu 1) kegiatan keagamaan sekolah, 2) kerja sama guru dan wali siswa dalam pendampingan diluar sekolah. Keyword : Peran Guru, Pembentukan Karakter, Karakter Religius, Pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: NUR ABDUL AZIS
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:48
Last Modified: 12 Jun 2024 04:48
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1062

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item