Bayhaki, Riki (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA PASCA PANDEMI (STUDI KASUS PADA LITERASI MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II DAN III DI MADRASAH IBTIDAIAH MIFTAHUL FALAH REMBANG). skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (428kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
Abstract
Kemampuan literasi adalah kemampuan yang dimiliki setiap individu dalam memahami, mengembangkan informasi yang didapat saat melakukan kegiatan membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan, mendeskripsikan kemampuan literasi siswa pasca pandemi (studi kasus pada literasi membaca dan menulis siswa kelas 2 dan 3 di MI Miftahul Falah Rembang), menganalisis kemampuan literasi siswa, faktor penghambat dan upaya dalam mengatasi hambatan kemampuan literasi siswa pasca pandemi yang dilaksanakan di MI Miftahul Falah Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam penelitiannya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan 3 MI Miftahul Falah Rembang. Obyek penelitian ini adalah kemampuan literasi siswa kelas 2 dan 3 di MI Miftahul Falah Rembang. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 2 dan 3. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya dilakukan dengan menggunakan tringulasi sumber, tringulasi teknik, tringulasi waktu. Analisis datanya dilaksanakan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca dan menulis siswa pasca pandemi melalui berbagai proses yang dilakukan oleh pendidik, literasi membaca dan menulis siswa sudah mampu membaca dan menulis dengan baik. Penyebab literasi membaca dan menulis siswa yaitu siswa belum bisa membedakan penyebutan abjad, mengeja masih lama, belum bisa mengucapkan kata dan tidak membawa peralatan tulis. Upaya mengatasi vi penyebab kemampuan literasi membaca dan menulis siswa yaitu guru sering berkomunikasi dengan orang tua dan membuat program-program literasi membaca dan menulis.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Riki Bayhaki |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 08:37 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 08:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/927 |
Actions (login required)
View Item |